Sajadah Cerdas Penghitung Rakaat dan Dzikir Ini Ditemukan Oleh Siswa Asal Cirebon!

Sajadah Cerdas, Penghitung Rakaat Solat
Cirebon, Fokuscirebon.com – Pada saat melaksanakan solat atau dzikir, sebagai manusia biasa, tentunya kita sering lupa akan raakat dan jumlah zikir. Untuk itu kita sering menggunakan alat bantu seperti tasbeh dan yang lainnya. Permasalahan itu sekarang sudah bisa di atasi oleh siswa asal Cirebon yang berhasil menemukan teknologi baru yaitu sajadah penghitung rakaat sholat dan zikir. Seperti apa kecanggihan sajadah tersebut, simak terus artikel dibawah ini.

Adanya penemuan teknologi ini tentunya mengharumkan nama Kota Cirebon, dan juga menjadi kebanggan warga di sekitar Cirebon, seperti Indramayu, Kuningan, dan Majalengka. Potensi yang dimiliki muda-mudinya di bidang ilmu dan pendidikan serta teknologi tidak kalah dengan daerah lain bahkan negara lain.

Anak muda Cirebon memang banyak yang keren dan kreatif. Siswa SMAN 2 (Smanda) Cirebon, Ready Kresna Nanda Suprapto,  Muhammad Naufal Hawari, dan Satrio Budi Prakoso menciptakan sajadah cerdas untuk pengingat rakaat salat.

 Sajadah ini diciptakan untuk membantu kaum muslimin terutama yang lansia, yang sering lupa sudah rakaat keberapa saat dia melaksanakan ibadah salat.
Sajadah Cerdas, Penghitung Rakaat Solat

Nama produknya “Sembayang” atau Smart Sajadah Penghitung Rakaat. Produk tersebut sekarang sedang dilombakan di tingkat nasional, yakni pada ajang Instrumentation and Control National Competition (Iconic 2016) yang digelar oleh Institut Teknologi Bandung. Produk karya siswa Smanda Cirebon  ini bersaing dengan siswa sekolah lainnya dari seluruh Indonesia.

Menurut Kresna, teknologi yang digunakan dalam karyanya ini berupa pressure sensor mat, microcontroler, 7 segmen, LCD, Monochrome, 400 MHz module yang ditempatkan dalam sajadah.
“Dengan alat ini salat anda akan jadi lebih sempurna ,karena sajadah ini mampu menghitung rakaat anda dengan akurat,” kata Kresna yang juga alumni SMPN 5 Kota Cirebon ini.

Tak lupa Kresna juga memohon dukungan dari masyarakat Cirebon untuk memberikan jempol (like) di akun  facebook Instrumentation and Control National Competition 2016 sebagai bentuk dukungan masyarakat.

Sumber:

No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget