Wisata Cirebon: Malang Sekali Nasib Situs Pejambon, Potensi Besar yang Terabaikan!

Situs peninggalan sejarah kuno yang berpotensi menjadi objek wisata di Cirebon

CIREBON,  Wisata, Fokuscirebon.com - Cirebon memang memiliki sejarah panjang dalam pendiriannya sebagai suiatu daerah. Mulai dari sejarah Islam, sampai sejarah Pra Islam, cirebon memegang peranan penting dalam peradaban tersebut. Hal ini, dibuktikan dengan adanya penemuan-penemuan arca dan artevak dari masa Pra-Islam yang dinamakan Situs Pejambon. Padahal, melihat dari sejarahnya, situs tersebut memiliki potensi dan daya tarik wisatawan yang memikat perhatian, bisa dijadikan salah satu objek wisata untuk Cirebon dan sekitarnya.

Selama ini kita mengira bahwa yang memiliki situs purbakala, atau situs arkeologi hanya didaerah tertentu, seperti Bali dan Yogyakarta. Bicara sejarah arkeologi, Cirebon tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi, untuk kalian pecinta wisata sejarah dan religi, situs pejambon ini salah satu yang bisa dijadikan sasaran. Dalam situs tersebut terdapat puluhan arca, bisa dibilang juga peninggalan arkeologis yang berada di Cirebon.
Peninggalan Sejarah kuno yang bisa dijadian potensi objek wisata di Cirebon
Situs, mau bagaimanapun, merupakan peninggalan sejarah. Kalo kata Soekarno sih, " Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan Sejarahnya,". Ya, seperti Situs Pejambon yang terletak di  Blok Pejambon Lor, Kelurahan Pejambon, Kecamatan Sumber berjarak sekitar 3 km sebelah timur laut ini merupakan peninggalan sejarah yang harus di rawat dan dilestarikan keberadaannya.

Salah satu peninggalan sejarah penting yang tidak disadari itu adalah sisa-sisa artefak sejarah yang masih ada, berasal dari masa pra Islam. Lebih tepatnya, masa di mana agama Sanghyang, Hindu, dan Budha sedang dianut. Ialah arca-arca yang berada di situs Pejambon.Pada mulanya situs tersebut ditemukan sekitar tahun 1960-1970 (Orde Baru) di tempat yang berbeda - beda dengan total jumlah kurang lebih 80 artefak.
peninggalan sejarah kuno yang menjadi potensi untuk objek wisata di Cirebon
Namun, akibat tidak terawat dan tidak dianggao keberadaannya, banyak artefak dan arca yang hilang. Saat ini, yang tersisa kurang lebih berjumlah 25. Tidak hanya itu, persoalan selanjutnya yaitu Terdapat koleksi tiga arca yang diberi keterangan dari Pejambon di Museum Sri Baduga Bandung ditulis berasal dari zaman Megalitikum, arca-arca tersebut dinyatakan sebagai figur nenek moyang atau leluhur.

Namun, setelah dikonfirmasi, arca yang berada di Museum Sri Baduga ternyata arca replika. Jadi kemungkinan besar arca-arca yang “asli” masih berada di situs Pejambon, Cirebon saat ini dan berada di beberapa tempat, entah berada di mana. Permasalahan yang kedua adalah, bangunan yang didirikan di atas tanah pemerintah kabupaten ini tidak terurus bahkan terabaikan. Kondisi kaca-kaca jendela yang berantakan dan membahayakan, kemudian kondisi arca itu sendiri mengalami pengrusakan secara orisinalitasnya dan kesimpang-siuran sejarah arca itu sendiri.

Melihat dari segi sejarah dan arkeologisnya, situs pejambon, apabila di pelihara, di lesatarikan, dan disosialisasikan keberadaannya kepada masyarakat luas sebagai sebuah objek wisata merupakan sebuah potensi besar yang bisa menarik wisatawan untuk datang ke Cirebon. Bagi kalian warga Cirebon, harus tahu peninggalan sejarah ini, sebagai kearifan lokal yang pernah ada di Cirebon sejak zaman kuno.

Bagi warga di luar Cirebon, kunjungilah Situs Pejambon jika anda sekalian ingin berwisata di Cirebon dan sekitarnya. Untuk menuju lokasinya pun tidak sulit, bahkan gratis. Cocok sekali untuk kalian yang ingin mengabadikan momen kembali kemasa silam. Cintailah budaya dan sejarah kita Sob, disitu tersimpan makna yang bisa dipetik untuk pelajaran hidup.



No comments:
Write komentar

Featured

Recent Posts Widget