Aplikasi LAPOR untuk Menyampaikan Aspirasi/Keluhan dengan Mudah Kepada Pemerintah!

Aplikasi online LAPOR untuk menyampaikan Aspirasi
Iptek, Cirebon, FokusCirebon.com - Sebagai seorang waga negara, tentunya kita wajib mengawal jalannya pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Agar keadilan, pemerataan, dan kesejahteraan yang di cita-citakan bisa terwujud. Menamnfaatkan Iptek, nah, untuk menyampaikan aspirasi, Pemerintah Republik Indonesia membuat aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Dimanapun, dan kapanpun kita bisa mengadukan dan menyampaikan aspirasi atau kejadian yang berkaitan dengan urusan publik!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (disingkat LAPOR!) adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik.

Layanan ini telah terhubung dengan 67 instansi pemerintah yang terdiri dari seluruh kementerian, sejumlah lembaga non-kementerian, dan pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah pemerintah daerah pertama dan disusul dengan Pemerintah Kota Bandung yang terhubung dengan layanan ini dan sudah melakukan sosialisasi. Berikut cara me-LAPOR menggunakan aplikasi LAPOR di smartphone Anda:

Alur Kerja Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)
Cara melapor menggunakan aplikasi LAPOR

1. Laporan Pengaduan atau permintaan informasi melalui SMS 1708, website, mobile apps, LAPOR!
2. Verifikasi laporan - laporan yang lengkap, relevan, jelas oleh Admin
3. Disposisi laporan kepada Kementrian/Lembaga atau Pemerintah Daerah terkait
4. Tindak Lanjut dari kementrian lembaga atau pemerindah daerah langsung untuk pelapor

 SMS Ke 1708 untuk LAPOR!
Aplikasi online LAPOR untuk menyampaikan Aspirasi

Gabung mejadi pelapor hanya dengan mengirimkan SMS berisi laporan - laporan, bisa mengenai kerusakan jalan, pembangunan yang tidak merata, pungli, pembuatan jembatan, dll yang berkaitan dengan urusan publik, apapun itu bisa dilaporkan dengan SMS Ke 1708

Jangan hawatir terkena pulsa, pelaporan gratis, dan dapat digunakan untuk seluruh operator seluler seperti Telkomsel, IM3, XL, AXIS, FLEXI, SMARTFREN DLL. Buat laporan baru anda beserta data dan poto pendukung langsung dari gadget atau smarfphone Anda. Nikmati pula kemudahan akses hasil tindak lanjut dan komentar publik dari laporan yang Anda buat.

Cara Me-LAPOR yang Baik 

Aplikasi online LAPOR untuk menyampaikan Aspirasi
1. Sampaikan laporan melalui situs www.lapor.go.id (Klik), SMS 1708, dan Mobile APPS (Download) atau twitter (Disini)
2. Uraikan pokok permasalahan secara jelas, lengkap dan kronologis.
3. Sebutkan waktu, dan tempat, kejadian dalam laporan
4. Gunakan bahasan Indonesia yang baik dan Benar
5. Lampirkan bukti pendukung apabila memang tersedia
6.  Gunakan tagar #LAPOR jika melalui twitter

Notes:
Lebih jelasnya tonton video ini untuk tutorialnya!

No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget