Festival Gotrasawala Persembahan Dari Cirebon untuk Dunia, Ini Jadwal tahun 2016!

Festival Gotrasawala Persembahan Dari Cirebon untuk Dunia, Ini Jadwal tahun 2016!
Kesenian, Cirebon, FokusCirebon.com - Setiap tahunnya, Cirebon biasa menjadi tuan rumah Festival Seni dan Budaya. Festival tersebut dijadikan ajang untuk memperkenalkan budaya Jawa Barat kepada Domestik maupun dunia International. Tidak lain, Festival Seni dan Budaya tersebut di beri nama GOTRASAWALA. Tahun ini, Cirebon menjadi tuan rumah untuk bisa kembali menggelar festival akbar tersebut. Adapun Festival GOTRASAWALA 2016 kali ini akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Agustus. Berikut ulasan mengenai GOTRASAWALA dan Jadwal Festival Seni dan Budaya GOTRASAWALA.


SEJARAH AWAL MULA GOTRASAWALA (KUNO)

Festival Gotrasawala yang kembali dikumandangkan pada zaman moderen ini bukanlah sebuah festival akbar yang pertama kali. Sejarah telah mencatat, bahwasannya awal mula adanya gotrasawala berkaitan erat dengan cerita atau sejarah mengenai PANGERAN WANGSAKERTA, yang kemudian membuah naskah kuno dengan nama NASKAH WANGSAKERTA.

Naskah Wangsakerta adalah istilah yang merujuk pada sekumpulan naskah yang disusun oleh Pangeran Wangsakerta secara pribadi atau oleh "Panitia Wangsakerta". Menurut isi Pustaka Rajya Rajya i Bhumi Nusantara parwa (bagian) V sarga (jilid/naskah) 5 yang berupa daftar pustaka, setidaknya perpustakaan Kesultanan Cirebon mengoleksi 1703 judul naskah, yang 1213 di antaranya berupa karya Pangeran Wangsakerta beserta timnya. Naskah kontroversial ini kini tersimpan di Museum Sejarah Sunda "Sri Baduga" di Bandung.

Dalam pengantar setiap naskah Wangsakerta selalu diinformasikan mengenai proses dibuatnya naskah-naskah tersebut. Panitia--yang dipimpin oleh Pangéran--Wangsakerta ini dimaksudkan untuk memenuhi permintaan/amanat ayahnya, Panembahan Girilaya, agar Pangeran Wangsakerta menyusun naskah kisah kerajaan-kerajaan di Nusantara.

 Panitia didirikan untuk mengadakan suatu GOTRASAWALA (simposium/seminar) antara para ahli (sajarah) dari seluruh Nusantara, yang hasilnya disusun dan ditulis menjadi naskah-naskah yang sekarang dikenal sebagai Naskah Wangsakerta. Gotrasawala ini berlangsung pada tahun 1599 Saka (1677 M), sedangkan penyusunan naskah-naskahnya menghabiskan waktu hingga 21 tahun (selesai 1620 Saka, 1698 M).

GOTRASAWALA KINI

Gotrawala saat ini, tidak jauh berbeda dengan maksud dan tujuan seperti pada awal mula berdirinya. Gotrasawala platform festival international, karena memang dihadiri tidak hanya oleh ahli sejarah, seni dan budaya yang ada di Nusantara. Melainkan dihadiri pula oleh para ahli yang namanya terpangpang dalam panggung dunia Intternational.

Tujuan dari adanya Gotrasawala yaitu ingin memperkenalkan sejarah, seni, dan budaya yang ada di Jawa Barat kepada dunia International. Selain itu, dengan adanya festival international tersebut bisa memantik para wisatawan asing maupun wisatawan domestik untuk berkunjung ke Cirebon dan daerah Jabar lainnya. Dengan begitu para wisatawan bisa mengetahui objek-objek wisata yang ada di Cirebon (dan Jabar) untuk mengetahui lebih lanjut sisi lain, entah dari nilai sejarah, budaya mapun seninya.

Pameran Gotrasawala akan menampilkan kehidupan sehari-hari dari Sultan Cirebon dalam tradisi budaya pengadilan sekitarnya nya. Akan ada pameran utama kualitas hebat tradisi Batik pengadilan Cirebon khusus dirancang oleh tukang Batik lokal terkenal, Mr. Komarudin Kudiya. Pameran ini akan berlangsung di kompleks Kasepuhan Court.

JADWAL FESTIVAL GOTRASAWALA CIREBON 2016

12 Agutus 2016
1. Malam Pembukaan
Festival Gotrasawala Persembahan Dari Cirebon untuk Dunia, Ini Jadwal tahun 2016!(Bertempat di Keraton Kasupuhan dan Taman Air Sunyaragi)
- Jamuan Makan Malam (Khusus Untuk Undangan)
- Penampilan dari Tarian Sakral Bedaya Pakungwati
- Pameran Pusaka Keraton Kasepuhan
- Penampilan dari KRAKATAU BAND (Trie Utami & Dwiki Darmawan)

13 - 14Agustus 2016
2. Seminar-Seminar Festival Gotrasawala
-  Launching buku: Tarumanegara, Sebuah Kerajaan yang Terlupakan
- Seni Kontemporer Pesisir Jawa Barat
-  Seni Drama (teater) (Tentang Budaya Cirebon) di Gedung Nyi Mas Rarasantang
- Festifal Rakyat (13 Agutus) di Sunyaragi dengan serangkaian acara sebagai berikut
    a. Pameran kerajinan dan kuliner khas Cirebon
    b. Pertunjukan
    c. JACKLOTH
    d. Fashion Show bersama Imam Priatna

Notes:
Sebarkan informasi diatas jika dirasa penting, apabila diarasa kurang jelas, silahkan tinggal komentar dibawah.
Tonton Video di bawah ini agar Anda lebih Bangga dan Cinta terhadap Seni, Budaya dan Sejarah Cirebon dan Jawa Barat!



No comments:
Write komentar

Terima kasih sudah bertanya dan memberi komentar. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab atau kurang memuaskan!

Featured

Recent Posts Widget