ITB Kampus Cirebon: Akhirnya Membuka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2016/2017

Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan  Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB  Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung Tel./Fax.: 022-2508519; 022-2530689 E-mail   : usmitb@pusat.itb.ac.id Website: http://usm.itb.ac.id/
Pendidikan, Fokuscirebon.com - Tentunya, bagi kalian yang memiliki niatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mempunyai harapan untuk dapat diterima oleh salah satu perguruan tinggi favorit yang ada di Indoneisa, seperti Intitut Teknologi Bandung (ITB). Kabar gembira buat kalian putra-putri daerah Cirebon dan sekitarnya bahwa pada tahun ajaran 2016/2017 ITB membuka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)Kampus Cirebon. Cabang baru ITB yang ada di Cirebon tersebut menitikk beratkan kepada putra-putri daerah. Kesempatan besar bagi kalian yang memiliki cita-cita untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negri (PTN) terbuka lebar.

Pembangunan Kampus ITB di Cirebon ini bisa berjalan lancar berkat kerjasamanya antara pihak ITB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) yang disepakati pada tahun 2015 silam. Berdsarkan kesepakatan dan mandat yang dikeluarkan oleh Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristek-Dikti) untuk segera membuka PTN di Cirebon dengan tujuan pemerataan pendidikan dan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di sewilayah tiga Cirebon.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB KAMPUS CIREBON 2016ITB merupakan perguruan tinggi negri berbadan hukum (PTN-BH) sejak tahun 2014, telah menetapkan dan mendeklarasikan dirinya sebagai perguruan tinggi berwawasan wirausaha (entepreneurial university). Untuk menunjang visi tersebut perlu adanya ketersediaan dan kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkelanjutan. Maka dari itu, berdasarkan visi tersebut ITB yang bekerja sama dengan Pemprov Jabar dan oleh mandat yang dikeluarkan Kemenristek-Dikti menyelenggarakan pendidikan sarjana di Kabupaten Cirebon.

Keberadaan ITB kKampus Cirebon yang berlokasi di Watu Belah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, adapun kedepannya akan dibangun pula ITB Kelas Cirebon yang berlokasi di Kota Cirebon. dan merupakan bagian yang terikat dan menyatu dengan ITB Kampus Ganesa Bandung, sehingga seluruh administrasi akademik penyelenggaraan studi sifatnya setara, pararel, tidak di beda-bedakan.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Beasiswa PTN Full Gratis?Beasiswa Bintang Rektor Solusinya

Pada tahun 2016 ITB kampus Cirebon membuka beberapa jurusan atau Program Sutdi (kelas reguler) untuk sementara, tidak menutup kemungkinan akan bertambah pada tahun-tahun sebelumnya, diantaranya yaitu "

1. Teknik Industri yang berada di bawah Fakultas Teknologi Industri (FTI)
2. Perencanaan Wilayah dan Kota yang berada di bawah Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
3. Kriya yang berada di bawah fkultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Berdsarkan keterangan diatas, dan untuk menindaklanjuti kerjasama yang sudah dibangun antara ITB bersama Pemprov Jabar yang berdasarkan pula oleh mandat yang dikeluarkan oleh Kemenristek-Dikti, ITB membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Kampus Cirebon pasca seleksi SBMPTN 2016, adapun ketentuannya yaitu sebagai berikut:
PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB KAMPUS CIREBON 2016

1. Jadwal Pelaksanaan PMB ITB Kampus Cirebon
- Promosi dan Penyampaian Informasi 28 Juni - 4 Juli 2016
- Pendaftaran Peserta 4 - 13 Juli 2016 
- Seleksi berdasarkan data SBMPTN 2016: 14-18 JULI
Keterangan: Berdasarkan datan SBMPTN 2016 yaitu ITB memprioritaskan kepada mereka (terutama putra daerah) yang tidak lolos seleksi SBMPTN ITB 2016 untuk bisa di terima di Kampus ITB Cirebon.
- Pengumuman Kelulusan 20 Juli 2016

2. Persyaratan Pndaftaran

- Peserta PMB ITB Kampus Cirebon adalah peserta SBMPTN 2016 yang dinyatakan TIDAK DITERIMA sebagai calon mahasiswa baru PTN yang tergabung dalam SBMPTN 2016, dengan ketentuan sebagai berikut

    - Pemilih Program Studi Teknik Industri serta prodi Perencanaan Wilyah dan Kota harus mengikuti ujian kelompok SAINTEK atau CAMPURAN pada pelaksanaan SBMPTN 2016
    - Pemilih prodi Kriya harus mengikuti ujian kelompok SOSHUM atau CAMPURAN dan mengikuti ujian Keterampilan Seni Rupa pada pelaksanaan SBMPTN 2016
    - Khusus bagi prodi Kriya, peserta harus dinyatakan tidak menderita buta warna (total/parsial), dibuktikan oleh surat keterangan bebas buta warnda dari Dokter Spesialis Mata. Surat tersebut harus dibawa dan diserahkan pada PMB bITB bulan Agustus 2016, bila calon tersebut dinyatakan lulus oleh pihak ITB.

3. Seluruh proses Penerimaan Mahasiswa Baru ITB Kampus Cirebon bersifat bebas biaya/gratis. Pihak kampus ITB TIDAK memngut biaya pelaksanaan seleksi dalam bentuk apapun, apabila ada yang melakukan praktik pungli tersebut bisa langsung dilaporkan kepada pihak Kampus.

4. Calon peserta yang memiliki minat dapat melaksanakan pendaftaran secara online langsung di website resmi kampus ITB yaitu http://usm.itb.ac.id/

PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB 2016 KAMPUS CIREBON

Baca Juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negri Gratis!

Ketentuan Pembiayaan sebagai berikut:

Biaya penddikan yang harus dilunasi oleh calon mahasiswa yang diterima di ITB Kampus Cirebon adalah sebesar Rp. 10.000.000 (SEPULUH JUTA RUPIAH)/ SEMESTER. Calon mahasiswa yang memerlukan subsidi UKT/memohon beasiswa Bidikmisi dapat mengajukan Subsidi pada saat pengisian data secara online di laman http://www.pmb.akademik.itb.ac.id dengan menyertakan dokumen-dokumen seperti yang disayaratkan dalam form yang tersedia. Besaran subsidi yang dikelurakan oleh pihak kampus berdasarkan oleh kondisi dan kemampuan ekonomi calon mahasiswa yang bersangkutan.
PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB KAMPUS CIREBON 2016

Ketentuan lebih lanjut langsung kunjungi:

Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan 
Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB 
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Tel./Fax.: 022-2508519; 022-2530689
E-mail   : usmitb@pusat.itb.ac.id
Websitehttp://usm.itb.ac.id/

No comments:
Write komentar

Featured

Recent Posts Widget